Mengenal Jenis Tali Pancing yang Tepat untuk Mengelabui Ikan

Memancing tidak hanya digemari oleh orang tua namun juga oleh anak muda. Selain bisa mendapatkan ikan yang diinginkan, dengan memancing Anda juga bisa melatih kesabaran. Untuk memancing dibutuhkan peralatan dan perlengkapan dan salah satunya adalah tali pancing  yang bisa dibeli di toko pancing yang ada di sekitar tempat tinggal Anda ataupun di situs jual beli terpercaya pilihan Anda.

Tali untuk memancing atau tali kenur bisa menjadi salah satu faktor Anda mendapatkan ikan dan salah satu trik yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan kenur yang bisa mengelabui mata ikan. Terdapat beberapa jenis tali kenur yang harus Anda ketahui apalagi Anda yang memiliki hobi memancing. Pertama adalah monofilamen. Tali untuk memancing yang disebut juga sebagai tali sejuta umat yang tidak hanya terkenal di kalangan pemancing namun juga nelayan. Jenis tali ini memiliki warna yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan perairan tempat Anda akan memancing.

Terdapat beberapa warna dari tali pancing monofilamen yang bisa Anda pilih yaitu:

  • Kuning yang cocok untuk dipergunakan di air yang keruh. Hal ini disebabkan karena warna kuning masih mampu dilihat oleh pemancing dari atas air sehingga bisa mendeteksi apakah kail tersebut disambar ikan atau tidak.
  • Merah ataupun pink yang cocok untuk digunakan di air yang cukup dalam. Warna tali merah tersebut akan terlihat samar di kedalaman. Walaupun warna merah dianggap kurang bagus karena jika di kedalaman akan berwarna hitam namun tidak sedikit yang tetap menggunakan jenis tali kenur tersebut.
  • Hijau yang merupakan warna favorit yang cocok untuk perairan khusus seperti di laut karena warna hijau yang dapat membaur dengan warna sekitarnya sehingga bisa memanipulasi ikan.
  • Bening yang banyak digunakan dan biasanya digunakan di empang bahkan hingga ke laut bebas.

Kedua adalah flurocarbon. Jenis tali untuk memancing ini disebutkan merupakan jenis tali yang paling samar atau yang paling tidak terlihat di bawah permukaan air. Hal ini disebabkan karena jenis tali untuk memancing ini mempunyai sifat yang dapat membiasakan cahaya sehingga warnanya menyerupai seperti air dan bahkan hampir tidak terlihat oleh ikan. Tali yang disebut juga sebagai kenur segala medan ini bisa dipergunakan tidak hanya di air jernih namun juga di perairan yang keruh dan berlumpur.

Salah satu warna yang bisa memanipulasi mata ikan adalah warna pink dari jenis flurocarbon. Jika dilihat dari atas perairan, warna merah muda ini masih bisa terlihat namun, berdasarkan pada studi ilmiah serta berdasarkan pada kesaksian penyelam, menunjukkan jika warna merah muda ternyata mampu menghilang begitu saja jika berada di dalam air sehingga susah untuk dideteksi oleh mata.

Ketiga adalah braided line. Tali pancing yang disebut juga sebagai tali kepang ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga tidak banyak dipergunakan oleh para pemancing. Jenis tali untuk memancing ini digunakan untuk memancing di laut. Dengan tali yang dapat diberi selang-seling warna yang berbeda ini memiliki kekuatan yang cukup baik, tidak bisa melar walaupun memiliki ketebalan yang amat tipis. Namun, jenis tali ini tetap bisa terlihat dengan baik oleh ikan sehingga para pemancing akan menggabungkannya dengan menggunakan tali jenis monofilamen ataupun florocarbon di bagian ujung talinya agar tidak bisa dilihat oleh mata ikan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *